Menggunakan Fungsi Autosum (Perhitungan Otomatis) Pada Microsoft Excel.
Hai, Guys!
Kali ini saya akan membahas cara menggunakan fungsi autosum pada Ms. Excel. Sebelum itu saya akan membahas sedikit tentang Fungsi Autosum pada Ms. Excel.
Fungsi-fungsi yang terdapat pada Autosum adalah fungsi-fungsi yang sering dan banyak digunakan untuk keperluan penghitungan. Fungsi-fungsi tersebut sebenarnya adalah fungsi-fungsi yang diambil dari kategori Statistical, Math & Trig. Oleh karena, sering dipakai itulah maka dibuatkan kategori AutoSum, agar proses penghitungannya menjadi lebih cepat.
Menu AutoSum
· Sum, digunakan untuk melakukan penjumlahan dalam suatu range.
· Average, untuk menghitung rata-rata dalam suatu range.
· Count Numbers, untuk menghitung jumlah data dalam suatu range.
· Max, untuk mencari nilai maksimal dalam suatu range.
· Min, untuk mencari nilai minimal dalam suatu range.
Berikut langkah-langkah menggunakan fungsi autosum pada Ms. Excel:
Kali ini saya akan membahas cara menggunakan fungsi autosum pada Ms. Excel. Sebelum itu saya akan membahas sedikit tentang Fungsi Autosum pada Ms. Excel.
Fungsi-fungsi yang terdapat pada Autosum adalah fungsi-fungsi yang sering dan banyak digunakan untuk keperluan penghitungan. Fungsi-fungsi tersebut sebenarnya adalah fungsi-fungsi yang diambil dari kategori Statistical, Math & Trig. Oleh karena, sering dipakai itulah maka dibuatkan kategori AutoSum, agar proses penghitungannya menjadi lebih cepat.
Menu AutoSum
· Sum, digunakan untuk melakukan penjumlahan dalam suatu range.
· Average, untuk menghitung rata-rata dalam suatu range.
· Count Numbers, untuk menghitung jumlah data dalam suatu range.
· Max, untuk mencari nilai maksimal dalam suatu range.
· Min, untuk mencari nilai minimal dalam suatu range.
Berikut langkah-langkah menggunakan fungsi autosum pada Ms. Excel:
- Buat dokumen excel baru yang akan dibuat datanya atau kalian bisa juga memilih dokumen yang sudah ada.
-
Jika kalian hendak memberi garis tepi, kalian dapat mem-block cell dan column yang kalian kehendaki kemudian klik borders pada font group kemudian pilih All Borders.
- Kalian dapat mengedit atau membuat tampilan tabel seusuai dengan yang kalian kehendaki atau kebutuhan kalian.
- Isi data pada tabel sesuai dengan kebutuhan kalian.
- Untuk mencari total (jumlah) kalian dapat menggunakan rumus [=SUM(number1,[number2],...)] atau kalian bisa drag kolom atau sel yang hendak dihitung total jumlah datanya seperti gambar di bawah ini.
- Klik enter dan hasilnya pun akan keluar.
- Untuk mencari nilai terkecil dapat menggunakan rumus (=MIN), nilai terbesar menggunakan rumus (=MAX), rata-rata menggunakan rumus (=AVERAGE), dan banyaknya data menggunakan rumus (=COUNTA). untuk cara-caranya sama seperti cara sebelumnya. maka hasilnya akan terlihat seperti ini.
Komentar
Posting Komentar