Menggunakan Fungsi SUMIF Pada Microsoft Excel

 Hai, Semua!

Kali ini saya akan menjelaskan bagaiman cara menggunakan fungsi SUMIF pada Ms. Excel. SUMIF adalah sebuah fungsi untuk menjumlahkan nilai-nilai yang terdapat pada suatu range data, namun range yang diambil didasarkan pada suatu pengkondisian atau filter yang ditentukan oleh kita.

Berikut langkah-langkah menggunakan fungsi SUMIF pada Ms. Excel:

  • Buat dokumen baru Ms. Excel yang akan diisi data atau kalian dapat menggunakan dokumen yang sudah ada. kali ini saya akan membuat dokumen yang baru.


  • Jika kalian ingin memberikan garis tepi, kalian dapat membuatnya dengan cara blok sel dan kolom yang akan diberi garis pinggir. klik borders pada font group, kemudian pilih all borders.


  • Isi lah data yang kalian kehendaki atau sesuai kebutuhan kalian.


  • Untuk menggunakan fungsi SUMIF, kalian dapat mengetik dengan syntax =SUMIF(range, criteria, [sum_range]). Pilih range, kriteria, dan range yang akan dijumlahkan. pada gambar di bawah ini saya akan menghitung jumlah speaker yang terjual.


  • Untuk kriteria yang lain, yang perlu kalian ganti hanya kriterianya saja. cara-caranya tetap sama seperti yang sebelumnya. maka akan terlihat seperti ini.


Sekian penjelasan saya cara menggunakan fungsi SUMIF, semoga dapat bermanfaat. selamat mencoba! :)

Komentar

  1. Teton TOTO TOTO TOTO - TOTO - TOTO-TOTO
    TOTO TOTO used ford edge titanium TOTO TOTO TOTO titanium cross necklace TOTO TOTO titanium automatic watch TOTO TOTO TOTO TOTO TOTO TOTO TOTO TOTO TOTO TOTO titanium eyeglasses TOTO TOTO titanium paint color TOTO TOTO TOTO TOTO TOTO TOTO TOTO TOTO TOTO TOTO TOTO TOTO TOTO TOTO

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer