Menggunakan fungsi COUNTIF Pada Ms. Excel
Hai, Guys!
Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan fungsi COUNTIF pada Ms. Excel. Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam suatu range atau rentang yang memenuhi kriteria tunggal yang telah kita tentukan sebelumnya.
Penulisan Syntax fungsi COUNTIF:
=COUNTIF(range; criteria)
Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan fungsi COUNTIF pada Ms. Excel. Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam suatu range atau rentang yang memenuhi kriteria tunggal yang telah kita tentukan sebelumnya.
Penulisan Syntax fungsi COUNTIF:
=COUNTIF(range; criteria)
Penjelasan:
range : merupakan range atau rentang data yang akan digunakan sebagai rentang pertama untuk mengevaluasi kriteria yang terkait.
criteria: merupakan kriteria dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, atau teks.
Untuk mempermudah pemahaman kalian, saya mempunyai contoh dalam penggunaan fungsi COUNTIF. berikut langkah-langkahnya:
- Buatlah dokumen baru atau kalian dapat memilih dokumen yang sudah ada. nah, karena ini merupakan contoh, saya akan membuat dokumen yang baru.
- Buatlah judul dan keterangan pada worksheet. jangan lupa untuk memberi garis tepi agar kerja kita terkesan rapi dan menarik. kalian dapat menyesuaikan sesuai dengan keinginan kalian.
- Setelah itu, isilah data yang diperlukan.
- Untuk menghitung dengan fungsi Countif. pada sel I8 tabel Jumlah Hadir ketiklah syntax =COUNTIF(C8:H8,"x"). [C8:H8 adalah range, sedangkan x adalah kriteria yang diperlukan].
- untuk sel I9-I13, kalian cukup melakukan cara yang telah disebutkan dengan hanya mengganti range saja. untuk mempersingkat, kalian dapat menggunakan drag and drop dan kalian akan mendapat hasil yang otomatis.
- Untuk mencari presentase kehadiran, kalian cukup menggunakan rumus =(J8/6)*100%. [J8 adalah jumlah kehadiran kerja dibagi 6 hari kerja dan kemudian dikalikan 100%. gunakan drag and drop untuk mendapatkan hasil pada sel yang lain secara otomatis.
- Untuk uang honor, kalian dapat menggunakan fungsi absolut. rumusnya adalah =($D$5*I8). [D5 adalah jumlah honor per hari dan I8 adalah jumlah hari kerja. tekan f4 satu kali agar D5 berubah menjadi $D$5].
- Drag and drop untuk mendapat hasil yang otomatis sehingga kalian tidak perlu membuat rumus lagi.
- Untuk mencari total upah, kalian bisa menulis rumus penjumlahan yaitu =SUM(K8:K13).
- Taaaraaa!! data pun telah selesai dibuat.
Sekian penjelasan dari saya mengenai penggunaan fungsi COUNTIF, semoga dapat bermanfaat bagi kalian. selamat mencoba!
Komentar
Posting Komentar